Market Review

Indeks Harga Saham Gabungan melemah -0.59% ke level 6249.930 pada perdagangan Kamis 19 September 2019 setelah naik 4 hari berturut – turut. Pelemahan IHSG diperkirakan karena aksi profit taking investor dan dampak dari pemakzulan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Investor Asing juga mencatatkan net sell sebesar Rp 261 miliar.

Selain Pemakzulan Presiden Amerika Serikat yang menjadi pemberat IHSG, ada beberapa kejadian dari dalam negeri yang berpengaruh pada pergerakan IHSG kemarin, diantaranya adalah Suspend nya Reksa Dana MNC Asset Management dan Suku bunga yang masih bertahan di level 5%.

Pemakzulan Presiden Amerika Serikat

Pemakzulan atau impeachment merupakan mekanisme politik yang terjadi di negara yang menerapkan sistem pemerintahan demokrasi. Hal ini dilakukan jika seorang kepala negara atau kepala pemerintahan atau kepala lembaga legislative dan yudikatif diduga melanggar undang – undang atau melakukan kejahatan. Dimana Tujuan dari pemakzulan adalah proses pendakwaan yang berujung pada pemecatan terhadap kepala negara dan kepala pemerintahan. Dalam hal ini Donald Trump diusulkan untuk dicopot dari jabatannya karena dianggap menyalahgunakan kekuasaan dan menghalangi kongres.

Reksa Dana MNC Asset Management Di Suspend

Tidak sedikit ditemukan pelanggaran portofolio investasi dalam beberapa produk reksa dana yang dikelola MNC Asset Management. Manajer Investasi yang dengan dana kelolaan lebih dari Rp 6 triliun ditemukan sangat banyak pelanggaran pada beberapa Reksa Dana yang dikelola. Dengan di suspend nya beberapa produk Reksa Dana MNC tersebut menimbulkan kekhawatiran investor terhadap saham – saham MNC Group.

Baca Juga : Saham Sektor Bank Loncat Tupai

Suku Bunga Acuan BI Tetap 5%

Bank Indonesia memutuskan mempertahankan tingkat suku bunga acuan atau BI7DRR sebesar 5%. Sentimen positif ini berdampak positif pada saham sektor property pada perdagangan kemarin.

Secara Teknikal, Bearish Harami terbentuk pada posisi terakhir candle IHSG yang mencerminkan akan adanya pelemahan pada IHSG. Diperkirakan IHSG akan bergerak dalam range 6225 – 6265. Masih dalam suasana akhir tahun yang fenomena Window Dresing sangat diharapkan dalam pergerakan IHSG. Rekomendasi Saham hari ini dapat di lihat di channel youtube Super Swing Academy atau klik link ini https://youtu.be/_Qf4moedHvA

 

error: Content is protected !!